23/05/17

10 Tips Sukses Bisnis di Bulan Ramadhan

Riski SaputraTips Sukses Bisnis di Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah, selain berlimpahnya pahala juga pintu rezeki yang tidak terduga. Peningkatan minat pembeli saat bulan Ramadhan mungkin menjadi penyebab naiknya barang-barang. Selain itu juga terbuka kesempatan untuk menjadi mandiri dengan memulai bisnis di bulan ramadhan.
Semua menyambut gembira kedatangan bulan ini, baik perusahan yang sudah besar ataupun para pedagang dadakan di pinggir jalan sudah mulai bersiap-siap mengambil peluang emas ini. Maka tidak ada salahnya jika juga ikut ambil bagian di dalamnya.

Berikut ini 10 Tips Sukses Bisnis di Bulan Ramadhan yang bisa kamu praktekan:

Tips Sukses Bisnis di Bulan Ramadhan



Jual Produk Musiman Ramadhan yang banyak peminatnya
Jual produk musiman ramadhan yang banyak peminatnya bisa menjadi pilihan kamu yang saat ini bingung memilih produk bisnis. Produk-produk musiman Ramadhan seperti makanan minuman berbuka puasa, untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di:


Ada banyak sekali ide bisnis yang tersedia di atas, kamu bisa memilih yang sesuai dengan minat kamu, agar bisa dijalani dengan enjoy.

Tentukan Target Pasar Usaha
Tetukan target pasar usaha akan memudahkan kamu dalam melakukan promosi dan juga pengadaan produk. Jika kamu memilih target pasar menengah ke bawah maka kamu bisa tawarkan produk yang murah. Selanjutnya fokuskan kepada jumlah penjualan, biasanya mereka tidak terlalu memperdulikan brand ataupun kemasan yang bagus. Asalkan produk kita disukai oleh mereka, maka mudah sekali untuk memperoleh keuntungan yang berlimpah.

Target pasar premium biasanya akan lebih memilih produk yang bekualitas tinggi. Jika kamu memilih target pasar premium, maka kualitas akan menjadi kuncinya. Mereka biasanya akan lebih memilih brand yang ternama, dan pengemasannya yang mewah.

Kreativitas Menjadi Kuncinya
Apapun produk yang kamu pilih maka kunci utamanya adalah kreativitas yang tinggi. Jika sudah memilih target pasar tanpa memberikan sentuhan kreativitas pada produk/jasa bisnis kamu, maka sama saja bisnis kamu seperti yang ada di pasaran.

Pilih Lokasi Strategis
Lokasi Strategis membuat kamu sudah selangkah lebih maju dibandingkan pesaing kamu. Kamu tidak perlu mengeluarkan energi yang lebih untuk mendatangkan pembeli. Karena lokasi startegis biasanya lebih banyak dikunjugi oleh para calon pembeli.

Konsisten
Konsisten akan membuat bisnis kamu lebih dikenal oleh para calon pembeli. Jika kamu sudah memiliki tempat yang strategis, namun ternyata kamu tidak konsisten dengan produk/jasa yang kamu jalani maka akan membingungkan calon pembeli nantinya. Pilihlah satu produk/jasa dan kuasailah sampai memperoleh banyak keuntungan.

Bijak Mengelola Modal Usaha
Bisnis musiman ini sebaiknya kita bijak dalam mengelola modal usaha yang dimiliki. Jangan sampai karena memilihat peluang bulan ramadhan kita langsung menghabiskan uang untuk modal usaha. Sebaiknya lakukan secara bertahap dalam penambahan modal usaha.

Berikan Pelayanan Yang Maksimal
Berikan pelayanan yang maksimal maka kamu akan mendapatkan hati para pembeli. Cukup banyak pembeli biasanya akan memilih penjual yang menurut mereka baik dan asik. Sehingga hal itu sangatlah penting dilakukan.

Pertimbangkan Waktu Dan Kuantitas Produk
Sebaiknya kita pertimbangkan waktu dan kuantitas produk yang kita tawarkan. Jangan sampai kita berjualan sampai menganggu waktu shalat tarawih, atau juga membawa banyak sekali produk yang dikhawatirkan akan menghasilkan sisa yang banyak. Apalagi jika kita menjual makanan dan minuman, maka memperhitungkan kuantitas produk sangatlah penting.

Harga Lebih Murah Dan 'Transparan'
Pembeli saat ini sudahlah sangat cerdas. Mereka biasanya akan memilih penjual yang sudah memasang harga dagangannya secara transparan dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu juga mereka pastinya akan memilih harga yang lebih murah dengan kualitas yang baik ataupun minimal sama.

Promosi Harus Gencar, Jangan Hanya Menunggu Pembeli Datang
Meskipun sudah dilokasi strategis, promosi gencar juga sangat diperlukan dalam berlangsungnya bisnis. Hal ini akan membuat lebih tahu keberadaan bisnis kita jika melakukan promosi yang gencar.


Itulah 10 Tips Sukses Bisnis di Bulan Ramadhan, Selamat meraih keuntungan berlimpah!


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar